French Flag Russian Flag English Flag Tripadvisor

Kadal Komodo

Komodo adalah spesies karnivora dari keluarga biawak Varanidae yang saat ini merupakan kadal hidup terbesar di dunia . Berasal dari kepulauan Indonesia seperti Komodo , Rinca, Flores , Gili Motang , dan Gili Dasami, asal usul kadal raksasa ini diperkirakan berumur lebih dari 140 juta tahun yang lalu . Hewan ini selamat dari semua bencana alam berkat morfologi mereka yang menguntungkan. Selain aktivitas selam, selama setiap perjalanan ke Taman Nasional Komodo, kami juga mengatur tur ke Pulau Komodo atau Rinca untuk memenemui para Komodo.

Estimasi telah dibuat pada jumlah komodo yang masih liar, sebagian besar menetap di Taman Nasional Komodo :
• Pulau Komodo (3000 ekor)
• Pulau Rinca (900 ekor)
• Motang Pulau (150 ekor)
• Utara kota Labuan Bajo dan utara pulau Flores

The living area of the Komodo dragon

Wilayah hidup komodo

Deskripsi fisik hewan Komodo

Panjang tubuh reptil ini antara dua dan tiga meter dan berat mereka sekitar 70 kg saat dewasa . Namun, data ini telah terlampaui oleh sejumlah spesimen di penangkaran (beberapa sumber mengatakan bahwa berat hewan jantan bisa mencapai 170kg dengan panjang 3.1m) . Kulit mereka yang keras terdiri dari tulang-tulang kecil yang juga sering disebut sisi bertautan. Dengan warnanya yang gelap, sisik ini mempermudah sang biawak untuk menyamarkan diri pada malam hari. Komodo memiliki ekor yang panjang dan kuat (sebesar panjang tubuhnya ) dan lidah bercabang . Cakar mereka panjang , melengkung , tajam dan mematikan, sementara giginya yang mengerikan merupai seekor dinosaurus purba . Rahang Komodo sangat fleksibel mengingatkan kita betapa bahayanya binatang ini.

Komodo Dragon claw

Cakar Komodo

Hewan Komodo memiliki ukuran badan yang mengejutkan hasil evolusi dari generasi ke generasi. Karena besar tubuhnya, kadal ini menduduki posisi predator puncak yang mendominasi ekosistem di tempat hidupnya. Fenomena ini sering diamati pada spesies yang hidup di pulau-pulau, dan disebut “gigantisme pulau”.

Pendengaran

Komodo memiliki indera pendengaran yang istimewa. Meskipun biawak ini mampu mendengar suara dari sangat jauh, hewan ini tuli terhadap bunyi di bawah 400 Hz dan di atas frekuensi 2000 Hz. Jika Anda cukup berani untuk berteriak di telinga hewan ini, maka dia dipastikan tidak akan mendengar!

Penglihatan

Kadal raksasa ini dapat melihat hingga 300 meter dan memiliki penglihatan malam hari yang sangat baik. Target yang bergerak membuat mereka bingung dan ketakutan, sehingga ketika merasa terancam, mereka cenderung akan menyerang. Oleh karena itu, anda dianjurkan untuk tidak berlari ketika berada di sebelah seekor Komodo.

Penciuman

Indera penciuman komodo ini unik karena hidung mereka tidak begitu berguna. Komodo dapat mencium bau darah dari puluhan meter. Ia tidak memiliki diafrakma dan hal ini mencegah mereka untuk mengendus bau dengan akurat dan menarik air dengan mulut. Semua kelemahan ini diimbangi oleh lidah yang bercabang, yang membantu untuk menemukan mangsa dan memungkinkan mereka untuk meminum air.

Gaya hidup kadal Komodo

Pemburuan

Kadal ini berburu babi hutan, rusa, kerbau, dan burung. Walau lambat, binatang ini sangat cerdas. Mereka memahami cara menangkap mangsa dengan efisien yaitu dengan mengejutkan sang korban. Setelah mangsa digigit, bakteri yang terdapat dalam mulut Komodo akan menginfeksi korban selama beberapa hari hingga seminggu, meniadakan kebutuhan bagi sang biawak untuk mengejar . Komodo sering dianggap sebagai pemakan bangkai karena memakan binatang yang telah tewas terlebih dahulu, namun, mereka juga merupakan predator karena hewan yang dimakan telah digigit beberapa hari sebelumnya.

Perkawinan

Setelah kawin betina biasa menelur hingga 20 butir yang menetas setelah periode 7 sampai 8 bulan. Kadal muda tidak berdaya, ketika terancam mereka memanjat pohon di mana komodo dewasa tidak bisa mengikuti mereka. Bayi Komodo baru lahir merupakan 10 persen dari makanan komodo dewasa dan merupakan alasan utama kematian di antara bayi biawak ini. Bayi-bayi ini membutuhkan lima tahun untuk menjadi dewasa dan kemudian dapat hidup sampai usia 50 tahun. Studi terbaru menunjukkan bahwa Komodo betina yang berada dalam lingkungan terisolasi dan kondusif pada pengembangan mereka tanpa kehadiran spesies jantan mampu berkembang biak melalui degenerasi genetik.

Young komodo dragon

Komodo muda

Peringatan: Komodo adalah perenang yang sangat baik, sehingga jangan pancing mereka di dalam air. Di darat, meskipun terlihat lambat, kadal ini dapat berlari seperti manusia jika kelaparan.

Ancaman

Karena berbagi mangsa dan wilayah, Komodo terancam punah. Spesies ini bertahan di beberapa pulau di Indonesia, karena merupakan satu-satunya predator karnivora yang ada. Komodo wajib mendominasi ekosistem di mana dia berada untuk bertahan hidup. Sejak manusia memburu mangsa yang sama di wilayah mereka, tempat hidup mereka makin mengecil. Sebuah contoh yang mencolok adalah pulau Padar yang sekarang tidak lagi menanmpung biawak Komodo. Mereka punah pada pertengahan 70-an karena kurangnya mangsa dan pembunuhan manusia.

Menuju masa depan

Komodo adalah spesies yang rentan dan berada pada daftar merah IUCN. Untuk mengatasi masalah ini, Taman Nasional Komodo didirikan pada tahun 1980 oleh pemerintah Indonesia untuk melindungi populasi komodo. Pada tahun 2002, setelah melakukan sensus tercatat hanya ada 350 ekor betina yang subur dari sekitar 5.000 komodo.

Baru-baru ini para peneliti berpendapat bahwa pengintroduksian kadal ini di Australia bisa mengisi posisi karnivora besar yang dibiarkan kosong oleh kepunahan kadal raksasa Megalania (kadal dari jenis yang sama dari biawak komodo dan berukuran sampai 8m) 40.000 tahun yang lalu.

Megalania, the giant lizard

Megalania, kadal raksasa

Penduduk asli Pulau Komodo percaya bahwa hewan komodo adalah reinkarnasi dari warga yang sudah meninggal dan oleh karena itu mereka memperlakukan binatang ini dengan hormat. Komodo dan manusia dapat hidup dengan rukun, penduduk setempat telah membuktikan ini selama seratus tahun terakhir. Pertanyaannya adalah, berapa lama situasi ini akan berlanjut?

Kapal pesiar perjuangan merupakan bagian dari Nyaman Group, temukan informasi tentang Nyaman Group.